TAMAN VERTIKAL

TAMAN VERTIKAL ( VERTICAL GARDEN )

Tak punya lahan tapi ingin punya taman? Hal ini bukan masalah karena kita bisa membuat taman vertikal. Taman vertikal adalah sebuah inovasi di dunia landscaping yang memanfaatkan dinding sebagai lahan. Para penghuni apartemen, rumah susun, atau hunian di area padat penduduk kini bisa memandangi dan merasakan kesegaran udara bersih yang dilepaskan oleh tanaman, meski tak punya halaman. Saat ini, taman vertikal juga disematkan di dinding-dinding gedung perkantoran di kota besar untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman dan memerangi polusi.

TAMAN VERTIKAL ( VERTICAL GARDEN )
Memiliki taman di rumah tentunya menjadi impian bagi setiap orang yang memiliki hunian. Dengan adanya taman di rumah tentunya membuat suasana lebih asri serta membuat rumah menjadi lebih sehat. Selain itu, adanya taman juga dapat mempercantik tampilan rumah anda sehingga menarik bagi orang yang melihatnya. Banyak model taman yang anda bisa gunakan di dalam rumah anda mulai dari taman kering hingga taman basah. Anda pun dapat meletakkan taman ini di berbagai tempat di rumah anda mulai dari halaman depan, area belakang rumah, hingga bagian di dalam rumah. Bagi anda yang memiliki rumah yang berukuran tidak terlalu luas, anda juga dapat menghadirkan taman di dalam rumah anda. Salah satu alternative yang dapat anda lakukan adalah dengan membuat taman dengan desain yang vertikal. Untuk membuat taman vertikal atau yang dikenal dengan vertikal garden bukanlah hal yang mudah karena bentuknya yang berbeda dari desain taman pada umumnya. Namun bila anda melakukan dengan panduan yang tepat bukanlah yang sulit untuk mendesain taman vertikal di rumah anda.

TAMAN VERTIKAL ( VERTICAL GARDEN )

Konsep desain taman vertikal di rumah merupakan taman yang cocok bagi anda yang memiliki ukuran lahan yang tidak terlalu luas. Untuk membuat bentuk desian taman vertikal di rumah, anda tidak bisa menggunakan jenis tanaman yang biasa anda gunakan di taman bunga umumnya. Untuk jenis taman vertikal ini sebaiknya menggunakan tanaman yang ringan namun juga kuat dan mampu menyerap air. Bila anda menggunakan tanaman tang terlalu berat tentunya dapat membuat media penyangga menjadi rusak.

TAMAN VERTIKAL ( VERTICAL GARDEN )

Salah satu hal yang menjadi fokus utama dari desain taman vertikal di rumah minimalis adalah konstruksi penyangga yang akan anda gunakan. Anda harus menggunakan tiang dan konstruksi penyangga yang kuat sehingga taman vertikal anda tidak akan jatuh ataupun ambruk. Anda bisa menggunakan dinding beton, pagar besi, dan bahan kuat lainnya sebagai penyangga desain taman vertikal di rumah anda. Bentuk dan desain dengan sedemikian rupa agar penyangga mampu menyangga tanaman, air, media tanam, serta mampu menjaga dari faktor angin yang seringkali terjadi.

TAMAN VERTIKAL ( VERTICAL GARDEN )

Hal lain yang perlu anda perhatikan adalah masalah frame atau bingkai yang digunakan untuk lahan taman. Frame atau pun bingkai dapat anda gunakan dari kawat, pralon, tembok, dan bahan lainnya yang dapat digunakan sebagai tempat untuk melatkkan tanaman. Media tanam juga menjadi faktor penting di dalam sebuah ide desain taman vertikal di rumah minimalis. Media tanam yang digunakan memang tidak berbeda dengan yang digunakan pada taman biasanya, yang membedakannya hanyalah tanaman yang digunakan. Untuk media tanam, anda dapat menggunakan sekam ataupun sabut kelapa. Dan untuk tempat tanamnya anda dapat menggunakan pot bersusun hingga botol bekas.

Seperti yang dijelaskan diatas, jenis tanaman yang digunakan pada konsep desain taman vertikal di rumah simple ini memiliki perbedaan dengan yang digunakan untuk taman biasa. Peletakan desain taman vertikal di rumah ini dapat anda letakkan di luar ataupun di dalam rumah. Tentunya untuk tanaman yang anda gunakan di dalam dan luar rumah berbeda. Tanaman yang cocok di luar rumah belum tentu dapat tumbuh dengan baik di dalam rumah.

Untuk melihat lebih banyak contoh taman vertikal bisa dilihat di artikel berikut :


Tukang TAMAN VERTIKAL jakarta profesional, untuk info harga bisa lansung hubungi kami di :

  • Call / Sms : - 085888855923 / 081317481490
  • Alamat : Puri Kembangan Rt.02 Rw.08 Jakarta Barat
  • Email : shodikuly@gmail.com

0 komentar: